Cara Cek Nama Domain

By | August 7, 2019

Saat kita akan membuat sebuah website maka menentukan domain yang akan dipakai biasanya menjadi sebuah hal yang sangat penting. Hal ini karena nama domain ini akan cukup berpengaruh terhadap brand yang akan kita promosikan. Karena itu biasanya orang akan memilih nama domain yang relatif mudah diingat untuk website yang mereka buat. Selain soal mudah diingat tentunya ada beberapa kriteria lain yang perlu kita perhatikan dalam pemilihan nama domain ini seperti ekstensi yang dipakai, panjang pendek nama domain, masalah hak cipta nama domain, serta harga dari domain tersebut. Dengan domain yang memenuhi kriteria tersebut maka potensi untuk lebih meningkatkan brand awareness brand kita menjadi relatif lebih besar.

Akan tetapi seringkali saat kita akan membuat website dan sudah menemukan nama domain yang dirasa cocok serta memenuhi kriteria namun ternyata setelah dicek ternyata domain tersebut sudah tidak tersedia karena sudah dipakai oleh orang lain. Misalnya saja kita memiliki usaha di bidang jual beli komputer dan laptop lalu ingin mendaftarkan domain jualkomputer.com, maka pertama tama yang perlu kita lakukan adalah mengecek ketersediaan domain tersebut. Jika kita akan membeli domain di domainesia kita bisa melakukan cek nama domain seperti pada gambar di bawah ini :

Dan ternyata domain jualkomputer.com tersebut sudah tidak tersedia lagi sehingga mau tidak mau kita harus menggunakan nama domain yang lainnya. Untuk menggunakan domain lain ini sebenarnya ada beberpa pilihan atau alternatif yang bisa kita pakai seperti misanya :

1. Menggunakan Ekstensi Lain


Karena domain jualkomputer.com sudah tidak tersedia maka bisa saja kita menggunakan nama domain jualkomputer akan tetapi tidak menggunakan ekstensi domain .com tetapi menggunakan ekstensi domain lain yang masih tersedia. Misalnya saja kemudian kita membeli domain jualkomputer.net atau jualkomputer.org atau kalau mau yang murah kita bisa membeli domain jualkomputer.xyz yang masih tersedia.

2. Membeli Domain dengan Tanda Hubung (-) atau Dengan Angka


Mungkin ada juga beberapa orang yang jika akan membeli domain kemudian domain yang akan dibelinya ini sudah tidak tersedia kemudian memilih membeli domain dengan nama yang hampir sama hanya ditambah tanda strip saja. Jadi misalnya ia akan membeli domain jualkomputer.com dan ternyata sudah tidak tersedia maka memilih alternatif membeli domain jual-komputer.com yang memang masih tersedia. Atau bisa juga membeli domain dengan tambahan angka misalnya jualkomputer123.com.

3. Membeli Domain dengan Nama yang Berbeda


Jika memang merasa .com adaah pilihan terbaik serta penggunaan tanda hubung/ strip dirasa menyulitkan maka tidak ada salahnya benar benar menggunakan nama domain yang berbeda. Misalnya saja karena jualkomputer.com sudah tidak tersedia kemudian menggunakan nama lain yang benar benar berbeda seperti komputerapik.com misalnya.

Nah setelah dirasa menemukan nama domain yang cocok dan bisa dipakai dalam artian masih tersedia dengan harga yang wajar maka kemudian kita membelinya. Kita bisa saja hanya mebeli domain saja tanpa hosting. Akan tetapi jika kita memang ingin membuat sebuah web yang profesional maka menggunakan hosting adalah hal yang penting untuk dilakukan. Mungkin saja kita masih cukup awam soal masalah hosting ini, akan tetapi kita tidak perlu khawatir karena di internet banyak sekali artikel maupun video tutorial, tips dan trik serta informasi soal hosting ini. Salah satu diantaranya adalah artikel https://www.domainesia.com/berita/apa-itu-hosting/ yang ada pada web domainesia.