Tips Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

By | September 8, 2019

menghilangkan bau kaki

Salah satu masalah yang sering terjadi pada kaki adalah bau tak sedap. Meskipun tidak berdampak langsung pada kesehatan, akan tetapi tetapi hal ini bisa menggangu penampilan dan mengurangi percaya diri karena itulah sebaiknya kita mengetahui cara untuk menghilangkan bau kaki. Bau kaki sendiri biasanya disebabkan oleh kondisi yang lembab. Hal ini dikarenakan, kaki memiliki kelenjar keringat yang lebih banyak dibanding organ lainya. Bahkan di beberapa kondisi, produksi keringat pada kaki seseorang lebih tinggi dibanding biasanya.
Selain keringat berlebih, bau kaki juga bisa disebabkan oleh adanya bakteri tertentu.

Sebenarnya, untuk menghilangkan bau kaki bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar kita. Seperti garam, lemon, atau bahan lainya. Berikut adalah informasi mengenai Tips Ampuh Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami.

1. Garam

Sudah menjadi rahasia umum jika garam merupakan bahan yang ampuh untuk mengusir bakteri. Tips pertama untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan menggunakan rendaman air garam.
Caranya, campurkan sekitar setengah gelas garam dengan empat gelas air hangat. Tempatkan pada wadah, lalu rendam kaki anda selama beberapa menit.

Garam dapat membantu membunuh bakteri, sekaligus mengurangi kelembaban pada kaki. Garam juga dipercaya bisa memberi efek relaksasi, serta bisa mengobati eksim.

2. Cuka

Selain garam, cuka juga merupakan salah satu bahan yang bisa menghilangkan bau kaki. Caranya, satu sendok cuka dengan dua gayung air. Lalu, rendam kaki sekitar 15-20 menit. Anda bisa menggunakan cuka apel atau cuka putih.
Tetapi perlu diingat, pastikan tidak terdapat luka pada kaki, karena air cuka bisa mengiritasi area yang terbuka.

3. Teh

Teh juga bisa membantu menghilangkan bau kaki. Kandungan asam pada teh bisa membantu menutup pori-pori, dan membatasi jumlah keringat yang keluar. Cara menghilangkan bau kaki dengan teh sangat sederhana.
Cukup rebus dua kantung teh hitam, dengan satu liter air. Setelah itu, campurkan dengan dua liter air biasa. Lalu, rendam kaki selama kurang lebih 30 menit.

4. Lemon

Tips menghilangkan bau kaki selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Buah yang dikenal asam ini memiliki kandungan antibakteri, dan bisa membantu dalam menghilangkan bau kaki. Lemon juga bisa mengurangi kelebihan keringat pada kaki.
Caranya, campurkan perasan jeruk lemon sekitar 6 buah dengan satu baskom air. Lalu, rendam kaki selama kurang lebih 15 menit.

5. Baking Soda

Baking soda juga dipercaya bisa membantu menghilangkan bau kaki. Cukup campurkan 1/4 gelas baking soda, dan air secukupnya. Untuk menambah aroma, anda bisa menambahkan air perasan lemon.

Bau kaki juga bisa disebabkan kebiasaan sehari-hari, seperti penggunaan sepatu yang terlalu ketat, dan lain-lain.

Ganti Kaus Kaki Secara Rutin

Untuk mengurangi bau kaki, cobalah ganti kaus kaki secara rutin. Karena, kaus kaki yang digunakan dalam waktu lama bisa memicu bau kaki. Selain itu, pastikan anda menggunakan kaus kaki dengan bahan yang menyerap keringat.

Gunakan Sepatu Dengan Sirkulasi Udara Yang Lancar

Sepatu dengan sirkulasi udara yang lancar, bisa membantu menghilangkan bau kaki. Untuk itu, gunakan sepatu yang memiliki ruang untuk bernafas. Hindari penggunaan sepatu berbahan karet/plastik yang bisa membuat kaki mudah berkeringat akibat kurangnya ruang untuk bernafas.

Gunakan Sol Antibakteri

Jika bau kaki masih membandel, anda bisa mencoba menggunakan sol antibakteri. Saat ini banyak penjual yang menyediakan sol antibakteri. Sol ini bisa membantu menghilangkan bakteri pada sepatu, sekaligus mengurangi bau kaki.

Demikian postingan mengenai Tips Ampuh Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *