Kelebihan dan Kekurangan Mobil SUV

By | July 17, 2019

Mobil SUVMobil adalah salah satu sarana transportasi paling populer saat ini. Kendaraan roda empat tersebut sanggup mengangkut banyak penumpang sekaligus, ke berbagai tempat tujuan. Mobil sendiri terbagi kedalam beberapa tipe atau jenis. Seperti mobil SUV , city car, MVP, hatchback, dan tipe mobil lainya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan khusus membahas mobil SUV. Dari mulai apa itu mobil SUV, kelebihan dan kekurangan mobil SUV, serta pembahasan lainya.

Apa Itu Mobil SUV?

SUV sendiri merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle. Dilansir dari Wikipedia.org, mobil SUV merupakan jenis mobil yang dibangun diatas kerangka truk ringan. Mobil ini biasanya digerakan dengan penggerak 4 roda (4 WD).
Mobil ini didesain untuk bisa digunakan di jalanan berbatu, terjal, dan ekstrim. Karena itu, mobil SUV juga sering disebut sebagai mobil Jip.

Pada bagian belakang mobil tipe SUV, biasanya dipasang ban serep atau cadangan. Selain berguna saat kedaan darurat, ban cadangan ini juga menjadi ciri khas dari mobil SUV.
Karena didesain untuk medan yang ekstrim (offroad), mobil SUV cukup tinggi dari permukaan tanah.

Kelebihan Mobil SUV

Kelebihan utama mobil SUV dibanding mobil jenis lain adalah ketangguhan, dan kekuatan. Ya, mobil SUV sanggup dibawa melintasi berbagai medan. Dari mulai jalanan aspal yang mulus, hingga jalan setapak yang penuh lobang.
Selain itu, mobil SUV juga memiliki ground clearance yang tinggi. Ground clearance sendiri merupakan jarak antara bagian bawah mobil dengan permukaan tanah. Hal ini akan sangat membantu, apalagi jika digunakan untuk melintasi medan yang ekstrim.

Melintasi jalanan yang terjal dengan mobil SUV akan terasa nyaman, dan tidak terlalu merasakan goncangan yang berarti. Mobil SUV juga memiliki daya angkut yang lumayan besar. Saat ini sudah banyak mobil SUV yang dilengkapi dengan 7 kursi, sehingga bisa mengangkut penumpang lebih banyak.

Kekurangan Mobil SUV

Karena menggunakan mekanisme 4 roda penggerak atau 4+ANc-4, mobil tipe SUV cenderung boros bahan bakar. Harga dari mobil SUV juga cenderung lebih mahal dibandingkan mobil tipe lain.
Jika dibandingkan dengan mobil MVP, daya angkut mobil SUV hanya 5-7 orang. Sedangkan mobil MVP bisa sampai 8 orang.

Kekurangan lainya, bobot mobil SUV juga lebih besar. Apalagi jika dibandingkan dengan mobil MVP.

Perbedaan Mobil SUV dan MVP

Sekilas kata “SUV” dan “MVP” sangat mirip dan sulit dibedakan. Padahal, kedua jenis mobil tersebut jelas berbeda. Untuk mencegah kekeliruan, berikut saya bagikan informasi seputar perbedaan mobil SUV dan MVP.

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, bahwa mobil SUV adalah mobil untuk kegiatan offroad, atau melintasi jalanan yang terjal. Mobil ini menggunakan body yang berada diatas sasis.
Nilai jual utama dari mobil SUV adalah tenaga yang besar, dan ground clearance yang tinggi.

Mobil SUV sendiri merupakan gabungan dari mobil sedan, pickup, dan jeep. Sangat cocok digunakan untuk perjalanan ke daerah tertentu, dengan akses jalan yang masih kurang baik.

Sedangkan mobil MVP alias Multi Purpose Vehicle merupakan mobil yang diperuntukan untuk angkutan keluarga. Mobil ini memiliki kapasitas kabin yang luas, dan bisa mengangkut banyak orang sekaligus. Kursi atau jok pada mobil MVP juga bisa dilipat dan membuat bagasi menjadi lebih luas.
Dibanding mobil SUV, mobil jenis ini memiliki ground clearance yang rendah, dan kurang cocok digunakan di jalanan ekstrim.

Demikian informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan Mobil SUV. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya dikolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *