Apa itu Pillow Block Bearings dan Fungsinya Yang Wajib Anda Ketahui

By | August 23, 2019

Bearing menjadi salah satu komponen yang cukup penting didalam sebuah mesin. Pasalnya fungsi dari bearing ini adalah untuk mengurangi adanya gesekan yang terjadi diantara poros dan elemen mesin. Ada beberapa jenis bearing yang wajib anda ketahui. Salah satunya adalah pillow block bearings. Keberadaan bearings yang satu ini memang banyak dicari oleh masyarakat.

Kini dengan hadirnya internet, anda sendiri sudah bisa menemukan penjual pillow block bearings yang satu ini. Sampai disini, anda pasti bertanya-tanya, apa sebenarnya pillow block bearings tersebut? Bagi anda yang bukan berasal dari dunia engineer tentu masih asing dengan istilah yang satu ini bukan? Untuk mengenal lebih dekat mengenai pillow block bearings, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Apa pillow block bearings?

Pillow block bearings ini berbeda dengan linier bearing. Yang mana untuk jenis bearings yang satu ini sudah dilengkapi dengan dudukan sehingga anda tidak perlu membeli dudukan bearings tersebut. Apabila anda membeli jenis bearings yang satu ini maka anda bisa langsung mendapatkan dudukannya. Untuk pemasangan dari block bearings ini biasanya dipasang di tempat atau lingkungan yang bersih.

Penggunaan pillow block bearings

Sama seperti linier bearings, pillow block bearings juga digunakan didalam dunia industry umum. Tetapi mempunyai beban yang relative rendah. Jenis bearings yang satu ini berbeda dengan blok plummer dimana merupakan rumah bearing yang sengaja dibuat tetapi tidak dilengkapi dengan bearing didalamnya. Ini berarti antara rumah dan bearing akan dijual secara terpisah.

Selain itu, penggunaan pillow block bearings biasanya digunakan untuk beban yang lebih tinggi dengan lingkungan industry yang korosif. Kendati demikian, istilah block bearing atau block plummer juga digunakan oleh Negara tertentu.

Walaupun demikian kedua jenis komponen diatas ternyata memiliki fungsi yang sama yakni berguna untuk memegang bantalan antara bagian luar yang dalam atau dikenal dengan stastor terhadap bagian dalam yang sedang berputar atau dikenal dengan rotasi cincin bearing yang berguna agar posisinya tetap berada di tempatnya.

Bahan pembuatan block bearings

Anda juga akan menemukan adanya rumah bantalan yang bisa terbuat dari bahan besi cor kelabu. Kendati demikian, berbagai macam nilai logam yang berbeda juga bisa digunakan untuk memproduksi jenis yang sama.

Tak hanya itu saja, block bearings ini juga ada yang dibuat menjadi sebuah satu kesatuan da nada yang dibuat dengan adanya tutup pada bagian atas sehingga bisa ditutup dan dibuka. Anda juga akan diberikan kebebasan untuk mengganti type split yang ada didalamnya.

Demikian salah satu jenis bearings yang perlu anda ketahui. Buat anda yang sedang mencari pillow block bearings yang berkualitas dengan berbagai macam tipe atau ukuran, anda bisa langsung menghubungi logam-makmur.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *