Fakta Seputar Masuk Angin, Sudah Tahu?

By | February 29, 2020

Fakta seputar masuk angin. Masuk angin jadi salah satu penyakit langganan bagi mereka yang hidup di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Apalagi saat musim hujan, masuk angin jadi ‘makanan sehari-hari’ untuk mereka yang sering kehujanan lantaran banyak beraktivitas di luar rumah.

Penyakit ini sangat akrab bagi orang Indonesia. Uniknya banyak cara dilakukan orang Indonesia saat menunjukkan gejala masuk angin. Salah satunya dengan kerokan menggunakan uang koin.

Selain itu banyak fakta-fakta menarik seputar masuk angin yang menarik untuk disimak. Seperti dirangkum dari laman harapanrakyat.com, berikut fakta seputar masuk angin yang sebaiknya Anda tahu:

Masuk Angin Tidak Dikenal dalam Dunia Medis

Tahukah Anda jika sebenarnya dalam dunia medis tidak ada istilah masuk angin? Masuk angin adalah istilah yang berkembang di masyarakat untuk penyakit dengan gejala, perut kembung, mual, pusing, kelelahan, lengkap dengan gejala flu dan batuk.

Jika Anda datang ke seorang dokter dan mengaku masuk angin, dokter akan mengklasifikasikan dulu penyakit Anda agar bisa ditangani dengan tepat. Jika lebih dominan kelelahan, Anda akan disarankan untuk meminum vitamin.

Begitupun jika hasil diagnosis dokter Anda terserang flu atau batuk, maka Anda akan diminta untuk konsumsi obat flu dan batuk.

Kerokan Baik atau Buruk untuk Meredakan Masuk Angin?

Fakta seputar masuk angin lainnya berkaitan erat dengan kerokan. Aktivitas kerokan ini kerap dilakukan oleh mereka yang terserang masuk angin. Biasanya kerokan menggunakan uang koin atau benda padat lainnya.

Sebelumnya punggung dibalur dulu dengan kayu putih atau penghangat tubuh lain, setelah itu baru dikerok mengikuti alur tulang rusuk. Konon cara ini ampun mengeluarkan angin.

Kerokan bisa saja meredakan masuk angin, banyak yang merasa baikan setelah dikerok menggunakan uang koin. Namun, jika kulit Anda tipis dan sensitif, kerokan saat masuk angin bisa menyebabkan kulit terkelupas sampai luka-luka. Jika sampai terjadi luka bisa diikuti dengan infeksi apalagi jika menggunakan uang koin berkarat.

Masuk Angin akan Sembuh Saat Kentut?

Ada yang percaya jika masuk angin kemudian kentut, maka artinya sudah sembuh. Fakta seputar masuk angin ini memang lumrah, karena salah satu gejala masuk angin adalah perut kembung. Jika perut dibalur dengan kayu putih biasanya gejala masuk angin mereda.

Masuk Angin Dipijat Bisa Sembuh?

Ada yang biasa dipijat saat masuk angin, orang yang pandai memijat tahu betul titik-titik yang harus ditekan agar angin keluar.

Hanya saja bagi yang tak terbiasa dipijat, tidak disarankan, karena efeknya setelah dipijat ada juga yang merasa pegal-pegal dan malah menambah rasa sakit saat masuk angin menyerang.

Minum Air Putih Redakan Masuk Angin

Minum air putih apalagi air hangat bisa meredakan masuk angin. Karena itu saat Anda mengalami gejala-gejala masuk angin disarankan untuk banyak minum air putih.

Fakta seputar masuk angin lainnya adalah hindari minuman bersoda, karena akan menambah perut semakin begah dan terasa mual.

Obat Alami Masuk Angin

Obat masuk angin banyak dijual secara bebas di warung-warung kecil. Bisa saja Anda konsumsi, namun tahukah Anda ada obat masuk angin alami?

Jika Anda tidak suka kerokan dengan uang koin karena sakit, Anda bisa menggantinya dengan kerokan menggunakan bawang merah.

Ini berlaku juga untuk anak kecil yang menunjukkan gejala masuk angina, bisa dikerok dengan bawang merah sebagai obat masuk angin alami.

Madu juga termasuk dalam obat masuk angin alami. Konsumsi madu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ini termasuk salah satu fakta seputar masuk angin.

Sup Hangat Redakan Masuk Angin

Saat masuk angin disarankan untuk memakan makanan bergizi dan bernutrisi. Salah satunya sup daging hangat yang dicampur dengan sayuran.

Hanya saja kebiasaan orang Indonesia justru makan mie instan untuk menggantikan sup hangat saat flu. Padahal mie instan justru bisa membuat perut begah dan mual.

Istirahat yang Cukup Sembuhkan Masuk Angin

Masuk angin bisa reda dengan sendirinya saat Anda beristirahat dengan cukup. Karena itu untuk meredakan masuk angin cobalah makan makanan bernutrisi dan istirahat yang cukup.

Itulah sejumlah fakta seputar masuk angin yang perlu Anda tahu. Tidak perlu risau saat masuk angin, tapi jangan pula disepelekan. Karena bisa jadi masuk angin hanya satu gejala lain dari penyakit yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *