Taman Buah Mekarsari, Tempat Wisata Edukatif Dekat Ibukota

By | September 14, 2019

taman buah mekarsari

Hari libur merupakan saat paling dinanti, terutama bagi keluarga yang berada di kawasan ibukota. Hal ini dikarenakan, pada hari biasa setiap anggota keluarga menjalani aktivitas masing-masing, dan jarang sekali menghabiskan waktu bersama. Jika anda sedang mencari destinasi wisata yang seru, sekaligus memiliki nilai edukasi, mungkin Taman Buah Mekarsari bisa menjadi pilihan terbaik.

Dibangun pada tahun 1990, dengan tujuan utama sebagai tempat konservasi tumbuhan. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sendiri merupakan negara beriklim tropis, yang memiliki berbagai tumbuhan unik dan menarik. Taman buah mekarsari sendiri digagas oleh Ibu Tien Soeharto.

Terletak di Jl. Raya Cileungsi, Jongol KM. 3, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Lokasi yang cukup dekat dari ibukota. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau kendaraan umum.
Jika anda berencana naik kendaraan umum dari terminal Kampung Rambutan, cukup naik angkutan kota Kowanbisata (Bogor-Jongol), dan bisa langsung turun di gerbang taman buah mekarsari. Begitupun jika anda sedang berada di Bekasi, cukup naik angkot Kowanbisata jurusan Bekasi-Jongol.

Taman buah mekarsari sendiri buka mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 16.30 WIB (senin-jum’at). Khusus untuk hari libur, taman buah mekarsari buka mulai pukul 9.00 WIB sampai 16.30 WIB.

Harga tiket untuk masuk ke taman buah mekarsari sendiri cukup terjangkau, sekitar Rp. 50.000/orang.

Dibangun pada lahan seluas 264 hektar, taman buah mekarsari memiliki 1470 varietas tanaman buah, serta 100.000 pohon. Terdapat juga laboratorium sebagai tempat menyilang berbagai tanaman.

Selain tempat belajar tentang tanaman, taman buah mekarsari juga terkenal dengan wisata air. Mekarsari memiliki water kingdom, dengan luas kurang lebih 5,2 hektar dan masuk kedalam daftar tempat wisata air terbesar di Asia Tenggara. Tiket masuk water kingdom sendiri dijual seharga Rp. 50.000.
Terdapat juga objek wisata lain seperti tempat pemancingan, sepeda air, atau kano yang tidak boleh dilewatkan.

Untuk anda yang suka dengan aktivitas memacu adrenalin, mekarsari juga memiliki wahana outubond. Seperti paint ball, flying fox, dan berbagai wahana outbond lain. Baik untuk perorangan, atau untuk kelompok seperti saat liburan perusahaan.

Objek wisata lain yang tidak kalah menarik adalah The Pongo Show. Sebuah pertunjukan empat dimensi yang bercerita tentang orang utan bernama Pongo.

Untuk anak-anak, taman buah mekarsari memiliki wahana bernama Kids Fun Valley. Sesuai namanya, wahana ini didesain khusus untuk anak-anak. Terdapat berbagai macam permainan seperti Mini GoKart, Bom Bom Car, dan beberapa permainan lain.

Tidak kalah menarik dari wahana sebelumnya, di kawasan taman buah mekarsari terdapat danau dengan luas sekitar 25 ha. Danau ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda yang menginginkan ketenangan. Wahana yang bisa ditemukan seperti kano, perahu naga, dan lain-lain.

Jika anda berencana menginap di kawasan taman buah mekarsari, terdapat berbagai tipe penginapan yang bisa disewa. Pilihan penginapan yang tersedia seperti rumah pohon, yang bisa ditempati hingga 4 orang. Harganya sendiri dibanderol sekitar Rp. 770.000/malam (hari biasa), dan Rp. 990.000 (hari libur).
Pilihan lainya, anda bisa memilih penginapan D’Cabin yang dibanderol sekitar Rp. 660.000/malam (hari biasa) dan Rp. 880.000 (hari libur). Sangat cocok dipilih terutama ketika berlibur bersama keluarga atau orang terdekat.

Kesimpulanya, taman buah mekarsari bisa menjadi destinasi wisata terbaik untuk keluarga. Karena selain berwisata, anda juga bisa belajar lebih jauh tentang tanaman. Harga tiket masuknya juga cukup terjangkau, dan terletak tidak terlalu jauh dari ibukota.

Demikian postingan mengenai Taman Buah Mekarsari, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *