Pengertian dan Manfaat Backlink Untuk SEO

By | December 29, 2019

Bagi anda yang cukup lama bergelut di bidang SEO (search engine optimation), pasti akrab dengan istilah Backlink. Ya, Backlink merupakan elemen penting yang tidak bisa dipisahkan, khususnya dalam SEO.
Lantas, apa itu Backlink? dan Apa manfaat Backlink untuk blog/website kita? Berikut pembahasanya.

Apa Itu Backlink?

Kata Backlink berasal dari bahasa Inggris, yang jika diartikan adalah “link masuk/pranala balik”. Backlink juga dapat diartikan sebagai link/url dari sebuah blog/website menuju ke blog/website kita. Singkatnya, Baclink merupakan url dari luar menuju website/blog.

Sebagai contoh, sebuah website mengutip sebagian konten dari blog anda. Untuk menghargai karya yang anda buat, mereka memberikan link aktif menuju blog. Link tersebut bisa disebut sebagai Backlink.

Manfaat Backlink

Seperti yang saya tulis sebelumnya, bahwa Backlink sangat berpengaruh khususnya untuk meningkatkan posisi blog anda di search engine. Bahkan, beberapa orang rela menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk mendapatkan Backlink.

Meski demikian, tidak semua Backlink baik untuk situs anda. Backlink berkualitas rendah, seperti spam komentar, justru bisa berdampak buruk bagi situs yang anda kelola.

Selain meningkatkan posisi blog di SERPs (search engine result pages), Backlink juga bisa membawa trafik/pengunjung menuju blog kita. Bahkan, pengunjung yang dibawa oleh Backlink bisa disebut sebagai pengunjung abadi. Artinya, selama website/blog tersebut masih aktif, akan terus berpotensi untuk membawa pengunjung.

Cara Mendapatkan Backlink

Untuk mendapat sebuah Backlink berkualitas, bukanlah perkara mudah. Hal ini dikarenakan, sangat jarang blogger yang mau memberikan Backlink secara cuma-cuma. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, untuk mendapatkan Backlink.

1. Content Placement (Berbayar)

Cara paling mudah untuk mendapatkan Backlink adalah dengan Content Placement. Namun perlu diingat, cara ini merupakan metode berbayar. Artinya, anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan Backlink.
Sesuai namanya, content placement sendiri merupakan proses menempatkan konten (biasanya berupa artikel), disuatu blog/website dengan link balik menuju blog/website kita.

Biasanya, beberapa blog besar menawarkan kerjasama untuk menempatkan konten di blog mereka. Harganya sendiri bervariasi, tergantung kesepakatan. Kitapun bisa memesan backlink model ini lewat web backlink.id

Meskipun berbayar, dengan content placement kita tidak perlu repot membuat konten. Karena biasanya, kesepakatan dalam content placement, artikel/konten dibuat oleh pemilik/penulis di website tersebut.

2. Guest Post (Gratis)

Metode selanjutnya, yang bisa anda coba untuk mendapatkan Backlink adalah Guest Post. Jika metode content placement mengharuskan kita membayar sejumlah uang, berbeda dengan guest post yang sepenuhnya gratis.
Guest Post atau penulis tamu, memungkinkan kita membuat konten (berupa artikel) untuk diterbitkan di suatu website/blog. Biasanya, pemilik website mengizinkan adanya satu/dua buah link menuju website/blog kita.

Jika tidak dibayar, lalu apa keuntungan bagi pemilik website? Keuntunganya, mereka bisa mendapatkan konten secara cuma-cuma. Bahkan tak jarang, mereka menetapkan beberapa persyaratan khusus. Seperti harus lolos plagiarism checker, harus diatas 1000 kata, dan sebagainya.

Selain itu, melakukan guest post berarti kita harus siap menuangkan ide dan gagasan untuk membuat konten berkualitas. Hal ini dikarenakan, pemilik website akan menyeleksi konten mana yang benar-benar layak terbit di website mereka.
Jika konten yang kita kirim kurang menarik, atau tidak sesuai dengan persyaratan, bukan tidak mungkin konten tersebut akan ditolak.

Sebelum melalukan guest post atau content placement, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti trafik website, kredibilitas website, DA (Domain Authority), PA (Page Authority), Spam score, dan lain-lain.
Pastikan juga website/blog memiliku niche yang relevan dengan blog anda.

Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan dikolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *