Awas, Inilah Bahaya Radiasi Handphone Untuk Kesehatan

By | September 29, 2019

Saat ini, handphone merupakan benda yang paling dekat dengan kehidupan manusia. Setiap hari, kebanyakan dari kita tidak bisa lepas dari gadget multifungsi ini. Hal tersebut dikarenakan, adanya perubahan dari handphone biasa, menjadi smartphone. Perubahan ini bisa membuat handphone melakukan berbagai aktivitas, seperti mengakses internet, bersosial media, atau bermain game.

Namun, selain memiliki banyak manfaat untuk membantu kehidupan manusia, handphone juga mempunyai dampak negatif dan bisa menggangu kesehatan tubuh.
Radiasi yang dikeluarkan oleh handphone dapat memicu berbagai gangguan kesehatan. Meskipun radiasi tersebut diklaim aman, tetapi dalam jangka panjang hal ini bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Berikut adalah informasi mengenai Bahaya Radiasi Handphone Untuk Kesehatan.

Berbahaya Untuk Anak-anak

Dilansir dari beberapa sumber, radiasi handphone memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap anak-anak. Hal ini dikarenakan, anak-anak memiliki tengkorak yang lebih tipis, serta jaringan otak yang lebih mudah menyerap.
Dalam jangka panjang, radiasi handphone dapat menyebabkan kelainan jaringan pada sel-sel otak.

Mirisnya, saat ini anak-anak sangat akrab dengan handphone bahkan cenderung menghabiskan waktu mereka untuk menggunakan gadget. Karena itu, perlu perhatian dari orang tua agar anak tidak terlalu terpaku dengan handphone.

Kerusakan Otak

Bahaya yang paling utama dari radiasi handphone adalah bisa menimbulkan kerusakan otak. Seperti yang kita ketahui, otak merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia.
Radiasi yang dipancarkan oleh handphone dapat masuk ke jaringan otak. Jika terus menerus, hal ini dapat menimbulkan glikoma dan kerusakan otak.

Mengganggu Kesuburan Pria

Radiasi dari handphone juga dapat mengganggu kesuburan, terutama bagi para pria. Hal ini erat kaitanya dengan kebiasaan membawa handphone di saku celana. Kebiasaan tersebut dapat membuat peredaran darah di sekitar organ reproduksi menjadi tidak lancar, juga bisa memicu kerusakan pada sel sperma.
Selain itu, handphone juga akan memancarkan gelombang RF yang bisa menurunkan gairah seksual.

Memicu Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang berkaitan dengan menurunya kemampuan untuk mengingat. Gelombang dari handphone akan masuk melalui rongga telinga, dan menyebar ke jaringan otak. Dampaknya, bisa membuat sering lupa, atau bahkan pikun.

Serangan Jantung

Selain otak, jantung juga merupakan organ tubuh yang peranya sangat penting. Jantung adalah organ yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Gangguan pada jantung bisa sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian.
Radiasi dari handphone ternyata bisa memicu serangan jantung. Terutama jika terlalu lama membiarkan handphone terletak di area sekitar jantung. Dampaknya, aliran darah akan terhambat dan otot jantung akan mengalami tekanan.

Menyebabkan Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya, dan merenggut banyak nyawa setiap tahunya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pakar kesehatan, gelombang radiasi yang dipancarkan handphone dapat menjadi penyebab timbulnya kanker.
Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperoleh hasil yang valid.

Menyebabkan Katarak

Bahaya radiasi handphone selanjutnya adalah dapat memicu katarak. Menggunakan handphone dalam waktu yang lama bisa menyebabkan penebalan di bagian kabut mata. Hal ini disebabkan, adanya radiasi yang akan menghambat sirkulasi darah. Akibatnya, kornea mata akan tertutup dan timbul penyakit katarak.

Katarak sendiru merupakan gangguan pada mata, yang menyebabkan lensa mata keruh dan berawan. Umumnya, katarak akan timbul secara perlahan. Dalam jangka panjang, katarak bisa menghambat aktivitas penderita karena pandangan yang terbatas.

Beberapa cara untuk mengurangi radiasi handphone seperti menggunakan hands-free saat menerima panggilan, menggunakan handphone seperlunya, dan menjauhkan handphone saat tidak digunakan, serta yang belakangan ini banyak orang lakukan yakni menggunakan pelindung radiasi seperti stiker anti radiasi dan yang sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *