Tempat Suntik Meningitis dan Prosedur Suntik Meningitis

By | May 31, 2019

Tempat suntik meningitis adalah sebuah tempat dimana seseorang akan mendapat vaksinasi meningitis. Biasanya tempat seperti ini terdapat diterminal keberangkatan (bandara) ke luar negeri, maupun klinik/rumah sakit. Terutama bagi anda yang akan berangkat ke daerah endemik meningitis, mendapat vaksinasi sangatlah penting. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyakit meningitis itu sendiri.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tempat suntik meningitis, terlebih dahulu saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu meningitis. Penyakit meningococcal atau lebih sering disebut meningitis merupakan penyakit yang disebabkan bakteri Neisseria Meningitidis. Penyakit ini menyerang selaput otak dan sistem tulang belakang, yang tentunya sangat berbahaya dan beresiko tinggi. Meningitis sendiri merupakan penyakit menular, yang bisa menyebar melalui udara/nafas penderita. Gejala meningitis sendiri cukup sulit dikenali. Gejala awalnya hampir sama seperti flu biasa. Karena itu melakukan imunisasi meningitis sangat penting dilakukan terutama bagi masyarakat yang akan bepergian ke daerah endemik meningitis.

Di tempat suntik meningitis, anda akan disuntikan vaksin berupa antigen bakteri meningitis. Tentunya bakteri ini sudah melewati berbagai proses hingga menjadi lemah, dan aman untuk tubuh. Saat bakteri tersebut masuk, tubuh akan menghasilkan zat kekebalan terhadap meningitis. Dilansir dari berbagai sumber, vaksinasi meningitis memiliki tingkat keefektifan 85-90%. Vaksin meningitis sendiri belum bisa melindungi 100%, mengingat ada beberapa strain bakteri yang tidak bisa dilindungi. Namun, saat sudah menerima vaksinasi, resiko terkena meningitis bisa ditekan.

Saat ini, tempat suntik meningitis cukup mudah ditemui, bahkan dihampir seluruh wilayah Indonesia. Misalnya saja di inHarmony clinic yang mempunyai cukup banyak cabang di Indonesia. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Trinity Medika Jakarta Pusat
  • Klinik Edelweiss in Harmony Cibubur Jakarta Timur
  • Kaina Health Care Jakarta Barat
  • dr Evelyn in Harmony Serpong
  • Klinik Nurdin Wahid Bogor
  • dr Sajuni In Harmony Surabaya
  • Klinik Kefa In Harmony NTT

Beberapa Prosedur Suntik Meningitis

Prosedur yang diterapkan tempat suntik meningitis sendiri cukup sederhana. Anda hanya perlu datang, dan membawa berkas seperti foto 4+ANc-6 (1 lembar), fotocopy KTP (Kartu Tanda Pengenal), dan pasport masing-masing satu lembar.
Setelah itu, anda akan diberi formulir dan nomor antrian. Selain vaksinasi meningitis, biasanya petugas juga akan menawarkan vaksinasi influenza. Hal ini bersifat opsional, artinya anda boleh menerima ataupun tidak.

Biaya untuk vaksinasi sendiri berkisar Rp. 305.000, dengan rincian biaya pendaftaran Rp. 5.000, pemeriksaan Rp. 15.000, vaksinasi Rp. 260.000, dan buku/sertifikat ICV Rp. 25.000.

Setelah vaksinasi selesai, anda akan mendapat buku ICV atau international certificate of vacination yang menyatakan bahwa anda telah selesai divaksinasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *