Pentingnya Menggunakan HR Software Indonesia Bagi Perusahaan Kecil Maupun Besar

By | April 24, 2020

Baik perusahaan skala kecil maupun besar, pasti membutuhkan suatu sistem yang berfungsi untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan karyawan. Salah satu sistem yang kerap digunakan adalah HR software Indonesia. Pada dasarnya, HR software adalah sebuah software atau sistem yang dapat membantu perusahaan untuk mengatur dan mengelola data informasi karyawan. Sistem dalam software tersebut dirancang untuk mendukung tugas dan fungsi dari tim HRD sebuah perusahaan, sehingga dalam melakukan pekerjaannya para HRD dapat lebih menghemat waktu dan juga tenaga. Namun tak hanya itu, software yang satu ini juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya

Meminimalisir Human Error

Banyaknya jumlah karyawan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan membuat resiko terjadinya kesalahan karena faktor human error semakin meningkat. Terlebih dalam hal pengelolaan data penting karyawan seperti absensi, lembur, pengajuan cuti, izin, dan lain sebagainya. Untuk itulah mengapa HR software keberadaannya cukup krusial karena dapat membantu tim HRD dalam mengelola data-data karyawan.

Menghemat Penggunaan Kertas

Di era digital seperti saat ini, segala hal sudah dapat digitalisasikan tak terkecuali dalam hal mengelola data karyawan. Jika menggunakan metode manual atau paperwork, penggunaan kertas tentu akan berlebihan dan tentu saja berdampak buruk pada lingkungan. Terlebih jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan skala besar dengan jumlah karyawan mencapai ratusan, sampah kertas yang dihasilkan pun jumlahnya tak sedikit.

Dengan beralih ke HR software Indonesia, dapat mengurangi penggunaan kartu, buku, maupun kertas yang dulunya digunakan untuk mendata karyawan dan juga mencatat berbagai informasi mengenai karyawan. Kini perusahaan dapat menerapkan paperless office dengan fitur absensi yang disediakan oleh HR software.

Memudahkan Karyawan

Tak hanya bermanfaat bagi tim HRD saja, software yang satu ini juga bermanfaat bagi karyawan salah satunya dalam hal pengajuan serta persetujuan izin maupun cuti kerja. Tak perlu repot mengisi form pengajuan izin atau cuti, karyawan dapat dengan mudah mengajukan izin melalui fitur yang terdapat dalam HR software. Fitur ini pun memudahkan tim HRD karena tidak harus menginput data terkait pengajuan izin dari formulir fisik ke komputer. HRD juga tidak perlu meminta izin secara langsung kepada atasan, karena proses persetujuan izin dapat dilakukan melalui aplikasi.

Solusi Investasi Perangkat Lunak Bagi Perusahaan Kecil

Bagi perusahaan skala kecil, menggunakan HR software merupakan suatu langkah tepat untuk berinvestasi perangkat lunak penunjang operasional perusahaan. Karena software ini tak hanya bermanfaat untuk saat ini namun juga bermanfaat di masa mendatang. Tugas-tugas tim HRD seperti pencatatan informasi karyawan, sistem penggajian, serta pengelolaan karyawan lainnya dapat terbantu dengan kehadiran HR software.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya HR software Indonesia bagi perusahaan skala kecil maupun besar. Dengan segala kelebihan yang dimiliki, tak perlu berfikir dua kali untuk menggunakan software ini bagi perusahaan Anda, bukan?