Menggunakan On Page SEO untuk Menaikkan Ranking Web

By | November 5, 2019

pengertian SEO

Bagi para pelaku bisnis online yang menggunakan website sebagai sarana bisnisnya keberadaan pengunjung merupakan suatu hal yang sangat penting. Dengan semakin banyak pengunjug yang datang ke web maka kemungkinan terjadinya konversi juga akan semakin besar. Akan tetapi tentunya pengunjung yang dimaksud tersebut adalah pengunjung yang tertarget.

Karena itulah mendatangkan pengunjug yang benar benar tertarget ke website kita merupakan hal penting yang perlu untuk kita lakukan. Salah satu metode yang bisa dilakukan untuk mendatangkan trafik tertarget ini adalah dengan menempatkan web kita pada halaman awal mesin pencari untuk kata kunci yang kita targetkan. Dan untuk melakukannya ada dua pilihan apakah akan menggunakan metode ads berbayar seperti google ads, bing ads dsb ataukah akan menggunakan metode organik yakni menggunakan metode SEO. Tentunya diantara kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Jika kita menginginkan trafik yang datang bisa stabil dalam jangka panjang dan tidak mau mengelurkan budget untuk beriklan maka SEO adalah pilihan yang tepat untuk anda. Akan tetapi sebelum membahas lebih jauh tentang seo ini tentunya akan lebih bagus jika kita benar benar mengerti apa itu SEO.

Pengertian SEO

Secara harfiah SEO sendiri merupakan singkatan dari search engine optimization. Atau dengan kata lain kita bisa mendefinisikan pengertian SEO ini sebagai semua metode yang digunakan guna menempatkan web kita di halaman pertama mesin pencari untuk kaca kunci yang kita targetkan.

Jenis Optimasi SEO

Hal pertama yang perlu kita lakukan ketika memilih menggunakan metode SEO untuk web kita adalah menentukan / riset keyword. Dan setelah kita mendapatkan keyword yang tepat maka kita bisa melakukan optimasi. Adapun jenis optimasi yang dilakukan dalam metode SEO ini ada dua macam yakni optimasi on page dan off page. Optimasi on page dilakukan dengan meningkatkan kualitas web kita sedangkan optimasi off page dilakukan dari luar web tersebut.

On Page SEO

on page SEO

Di antara on page dan off page ini jika ada yang harus diprioritaskan untuk dilakukan maka optimasi on page adalah jawabannya. Hal ini karena beberapa tahun belakangan ini google telah menjadikan user experience dari sebuah web menjadi salah satu faktor penting dalam perangkingan di mesin pencarinya. Web web yang memiliki user experience bagus yang ditandai dengan betahnya pengunjug berada di web tersebut (dwell time tinggi) dan bounce rate rendah lebih diprioritaskan oleh google di bandingkan web web dengan ux yang buruk dan bounce rate tinggi. Itulah mengapa akhir akhir ini kita seringkali menemukan sebuah web dengan on page yang bagus bisa berada di halama pertama atau bahkan peringkat pertama google untuk pencarian kata kunci yang termasuk berat meski tanpa menggunakan backlink dan optimasi off page lainnya.

Melakukan optimasi on page sebaiknya dilakukan sejak awal pembuatan website. Dalam tahap awal ini jenis optimasi on page yang perlu kita lakukan antara lain adalah Pemilihan CMS, pemilihan theme yang tepat, pengaturan permalink, pengaturan widget dan lain sebagainya.

Di samping itu optimasi on page juga perlu kita lakukan setiap kali kita menambah konten baru untuk web kita. Untuk tahap ini jenis optimasi yang perlu dilakukan diantaranya adalah sebagai Optimasi artikel baik itu pada judul, deskripsi maupun isi artikel, optimasi gambar yang ada pada artikel, Optimasi Meta date dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *