Tiket KAI ke Bandung Murah : Tips Naik Kereta Api ke Bandung Ala Backpacker

By | October 16, 2019

Stasiun Kereta Api Bandung

Banyak orang yang lebih memilih merencanakan liburan atau melakukan travelling ke kota Bandung. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat Bandung sendiri adalah kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya yang menyimpan banyak tempat wisata yang begitu menarik. Tak hanya itu saja, Bandung juga menyimpan sejuta alasan untuk disinggahi, seperti pusatnya tempat hangout, fashion, hingga surganya tempat kuliner.

Namun sayangnya, hanya sebagian orang saja yang menyadari jika naik kereta api ke Bandung ternyata jauh lebih menarik dan seru bila dibandingkan memakai transportasi darat yang lainnya. Apabila Anda sedang atau pernah kuliah di Bandung, sudah tentu Anda mengetahui hal ini. Namun bagaimana bila Anda memutuskan pergi ke kota Bandung hanya untuk liburan? 

Ini Alasan Travelling ke Bandung Lebih Hemat Dengan Kereta Api

Para traveller yang berkunjung ke Bandung, tentu saja memakai kereta api bisa menjadi pilihan paling efisien dan tentu saja sangat menyenangkan. Apalagi tiket KAI ke Bandung lebih irit terutama dari kota Jakarta. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang wajib membuat Anda memilih perjalanan ke Bandung dengan kereta api, seperti berikut ini :

1. Suasana Lebih Nyaman dan Tiket KAI Murah

Alasan kenapa banyak orang memakai transportasi kereta api ialah harga tiket kereta ke Bandung cukup terjangkau. Sayangnya, masih banyak armada kereta api yang fasilitasnya bisa dikatakan kurang memadai. Seperti toilet yang kotor, banyak pengamen, ruangan pengap, dan belum lagi banyaknya para penjual asongan yang hilir mudik. Akan tetapi, dari tahun ke tahun tentu saja pihak PT. KAI sendiri sudah mengalami berbagai macam perbaikan, karenanya kereta bisa menjadi sarana transportasi yang nyaman dan tentunya lebih baik.

2. Bisa Menikmati Pemandangan di Sekitar Kota Bandung

Bandung memiliki perkampungan dengan view yang bisa membuat siapapun takjub. Saat Anda menaiki kereta, tentu Anda bisa menikmati view pedesaan dengan suasana yang begitu nyaman di kiri dan kanan rute kereta. Di samping itu, Anda juga dapat mengabadikan momen tersebut menggunakan kamera atau bisa juga sembari menikmati alunan musik via headset. Ditambah lagi suasana di bagian dalam kereta yang lebih sejuk karena adanya AC semakin membuat Anda lebih betah dan nyaman berlama-lama menikmati perjalanan menggunakan kereta api. Keseruan perjalanan liburan memakai kereta api, tentu semakin berkesan dan mungkin saja tak bisa Anda dapatkan jika memakai transportasi darat lainnya.

3. Dekat Dari Tempat Distro dan Kawasan Kuliner

Liburan Anda ke kota Bandung terasa kurang bila Anda masih belum berkunjung ke tempat-tempat kuliner yang ada di kota Bandung, ataupun ke tempat distro yang lokasinya dekat dari stasiun kereta api. Anda hanya memerlukan waktu selama 10 menit saja dari stasiun Bandung menuju Kawasan Dago. Di sini, Anda bisa menikmati sejumlah kuliner khas kota Bandung sekaligus bisa berbelanja baju atau aksesoris lainnya dengan harga lebih terjangkau.

Itulah 3 alasan kenapa Anda harus menggunakan kereta api saat melakukan perjalanan ke kota Bandung. Maka dari itu, rencanakan perjalanan Anda sebelum bepergian. Anda bisa membuat planning perjalanan setidaknya sebulan sebelum waktu pemberangkatan. 

Memilih Jenis Kereta yang Digunakan

Mendapatkan armada kereta yang tepat untuk dipakai pulang pergi saat berlibur, tentu memerlukan waktu tidak sedikit. Karenanya, jauh sebelum hari keberangkatan sebaiknya cari informasi mengenai jadwal keberangkatan kereta sekaligus ketersediaan tiket kereta api supaya tak keburu kehabisan. Bagi para backpacker yang akan melakukan perjalanan ke Bandung, Anda bisa memilih kereta kelas ekonomi sebagai pilihan paling ideal.

Dengan banyaknya masyarakat yang mulai bepergian memakai kereta api, tak sedikit yang sudah melakukan pemesanan tiket setidaknya 90 hari sebelum waktu keberangkatan. Karena itulah, Anda perlu memesan tiket KAI jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan. Apalagi untuk tiket kereta api kelas ekonomi, karena umumnya tiket kereta kelas ekonomi akan cepat terjual habis jauh-jauh hari. Untuk pemesanan tiket KAI sendiri bisa dilakukan di loket reservasi stasiun, agen resmi penjualan tiket KAI online, ataupun bisa memesan tiket KAI lewat situs resmi penjualan tiket kereta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *