Tips Bepergian dengan Budget Terbatas

By | June 23, 2021

Budget yang terbatas seringkali menghambat seseorang dalam melakukan sesuatu termasuk juga menghambat seseorang untuk bisa leluasa bepergian ke luar kota. Oleh karena itu jika kita termasuk orang yang memiliki budget dengan jumlah terbatas namun karena satu dan lain hal kita harus bepergian ke luar kota maka yang harus kita lakukan adalah pintar pintar dalam memanage budget yang terbatas tersebut. Termasuk di dalam pengaturan budget ini adalah memilih sarana transportasi serta akomodasi (penginapan) yang tepat.

Untuk masalah sarana transportasi misalnya saja kita akan bepergian dari daerah asal ke Bandung melalui jalur darat maka salah satu hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membandingkan biaya transportasi antar moda transportasi yang satu dengan yang lain. Dari situ kemudian akan diperoleh moda transportasi mana yang tarifnya paling murah dan sesuai dengan budget yang kita miliki. Apakah akan menggunakan bus, kereta api atau moda transportasi lainnya pastikan sesuai dengan budget yang ada.

Selanjutnya setelah masalah transportasi yang dipakai masalah lain yang terkait dengan budget bepergian ini adalah masalah akomodasi atau penginapan yang akan kita pakai selama berada di kota tujuan. Sama seperti dalam masalah transportasi dalam hal penginapan ini pun kita juga harus pintar pintar memilih agar mendapatkan yang sesuai baik dari segi biaya maupun fasilitas.

Untuk mendapatkan penginapan yang sesuai tentunya kita perlu membandingkan sejumlah penginapan yang ada di kota tujuan kita tersebut. Dari hasil perbandingan inilah kita akan menemukan mana hotel yang cocok untuk kita pilih. Akan tetapi sayangnya untuk membandingkan antara penginapan satu dengan yang lain ini akan memakan banyak waktu dan tenaga apalagi jika yang dibandingkan adalah penginapan di kota besar seperti bandung yang memiliki ratusan atau bahkan lebih jumlah penginapan. Terlebih jika hal ini dilakukan secara manual.

Untungnya saat ini hal tersebut sudah ada solusinya. Kini kita bisa dengan lebih mudah membandingkan harga dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah penginapan baik itu hotel maupun jenis penginapan lainnya dengan secara online menggunakan aplikasi dari traveloka. Dengan menggunakan aplikasi ini kita akan bisa menemukan perbandingan antara hotel hotel terbaik di bandung baik dari segi fasilitas maupun dari segi tarif per malamnya.

Dan karena budget yang kita miliki terbatas jumlahnya maka dalam pemilihan tempat menginap ini kita jangan sampai memaksakan diri. Jika memang kita mampunya hanya menginap di hotel bintang 3 maka jangan memaksakan diri menginap di hotel bintang 4 atau 5.

Cara lain yang bisa kita tempuh untuk bisa menginap di hotel dengan harga yang lebih murah adalah dengan memanfaatkan sejumlah promo yang ada. Seperti yang kita ketahui dari dulu sampai saat ini hotel hotel yang ada di Indonesia seringkali menggelar promo di hari hari tertentu. Promo ini umumnya berbentuk potongan harga atau diskon untuk menginap di hotel di hari atau tanggal tertentu. Dan yang memberikan promo tak hanya berasal dari internal hotel itu saja namun terkadang juga dari pihak lain seperti dari traveloka misalnya. Dengan memanfaatkan sejumlah promo ini terkadang kita bisa menginap di hotel terbaik di bandung dengan selisih harga mencapai 10 atau bahkan 20 persen lebih murah.

Sebenarnya ada juga cara lain untuk bisa hemat dalam menginap di hotel ini yakni dengan cara share cost atau patungan. Namun hal ini hanya bisa kita lakukan jika kita tidak pergi sendirian saja akan tetapi bersama teman dan kemudian memutuskan menginap di kamar hotel yang sama dengan biaya menginap dibagi 2.